15.9.10

Rabu, 15/09/2010 17:15 WIB
Piala AFF 2010
'Lawan Malaysia jadi Kunci Indonesia'
Narayana Mahendra Prastya - detiksport



Jakarta - Indonesia berada dalam grup yang berat di Piala AFF 2010. Laga pertama melawan Malaysia menjadi laga paling vital bagi tim asuhan Alfred Riedl.

Indonesia terundi bersama Thailand, Malaysia, dan satu tim dari babak kualifikasi di Grup A Piala AFF 2010. Ada pun undian digelar pada Rabu (15/9/2010) sore WIB di Vietnam. Pertandingan di Grup A digelar di Indonesia.

"Ini grup yang sangat berat. Malaysia adalah juara SEA Games, sementara Thailand kini ditangani Bryan Robson. Kita harus bekerja keras dan memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah," ujar Andi Darussalam Tabussala ketika dihubungi detiksport melalui telepon, Rabu (15/9/2010) sore.

Tim 'Garuda' memulai perjuangan dengan menghadapi Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. "Langkah penentu Indonesia ada di partai pertama melawan Malaysia," tegas Andi yang menjabat sebagai manajer tim nasional tersebut.

Ketegangan yang tengah diwarnai hubungan diplomatik antara Indonesia dan Malaysia dinilai tidak akan mengganggu partai panas ini. "Ini tidak ada masalah. Mereka olahragawan bisa membedakan masalah tersebut. Kita bersahabat," tandasnya.

Soal keamanan, Andi mengatakan itu merupakan wewenang dari pihak panitia penyelenggara. "Yang jelas merupakan kewajiban kita semua untuk sportif. Pemain, penonton, dan pers juga punya kewajiban untuk menyebarkan pesan sportifitas itu," ujar Andi.

Bagaimana soal target? Dalam tiga edisi secara berturut-turut sejak tahun 2000 Indonesia berhasil mencapai partai puncak namun harus puas menjadi runner-up. "Kita semua berharap tahun ini menjadi milik kita," tegas Andi.

"Saya berharap dalam 2,5 bulan terakhir ini pelatih Alfred Riedl bisa menyatukan dan meramu tim. Semoga kompetisi distop (untuk pelatnas) membuahkan hasil," tambah Andi.


Jadwal Indonesia di Babak Grup Piala AFF 2010

1 Desember 2010: Indonesia vs Malaysia
4 Desember 2010: (pemenang kualifikasi) vs Indonesia
7 Desember 2010: Indonesia vs Thailand ( nar / din )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar